Posts

Showing posts from April 20, 2020

Internal Audit

Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan audit internal adalah untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan transaksi uang dalam perusahaan yang kamu miliki. Bila kamu masih ingat peristiwa krisis keuangan global pada tahun 2008 yang bermula di negara Amerika Serikat dimana salah satu perusahaan yang bangkrut adalah perusahaan Lehman Brothers. Perusahaan keuangan ke-4 terbesar di negara Amerika Serikat itu berdiri pada tahun 1850. Jatuhnya Lehman Brothers Penyebab bangkrutnya perusahaan Lehman Brothers ini adalah dilanggarnya kebijakan internal penggunaan keuangan. Salah satu pelanggaran keuangan yang ditemukan saat itu adalah para eksekutif perusahaan memperoleh gaji yang tinggi di saat perusahaan mengalami permasalahan keuangan. Lebih daripada itu, terjadi manipulasi angka-angka dalam laporan keuangan yang ilegal, tidak etis dan sangat tidak profesional dalam pelaksanaan transaksi perusahaannya.  Hal ini terjadi karena dilanggarnya proses audit internal. Selain menemukan pelangga

NERACA

Image
Laporan keuangan (LK) adalah informasi tentang keuangan sebuah perusahaan yang bisa dipakai untuk melihat bagaimana kinerja perusahaan tersebut didalam suatu periode tertentu. Dengan adanya laporan keuangan ini, maka pelaku bisnis bisa lebih real melihat kondisi keuangan perusahaan berdasarkan data-data aktual tentang kondisinya. Jenis-Jenis Laporan Keuangan Laporan Laba Rugi Laporan Perubahan Modal Laporan Neraca Laporan Arus Kas Pengertian Neraca Keuangan Laporan Keuangan Neraca adalah laporan keuangan yang menyajikan akun-akun aktiva, modal & kewajiban dalam 1 (satu) periode tertentu. Umumnya, neraca terdiri dari 2 (dua) bentuk yakni Skontro (horizontal) & Stafel (vertikal). Nilai modal pada neraca adalah nilai yang tercatat di Laporan Perubahan Modal. Keseimbangan pada neraca bisa didapat karena pada laporan tersebut sudah terdiri dari pendapatan dan biaya yang tercatat di laporan laba rugi. Komponen Neraca Aktiva:  Komoponen ini terdiri d

Profit & Loss Statement

Image
Laporan laba rugi ( Income Statement atau Profit & Loss Statement ) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akutansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan & beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba atau rugi bersih . Laporan laba rugi yang disusun perusahaan, strukturnya terdiri dari pendapatan dalam periode berjalan dan semua beban, baik beban usaha maupun beban diluar usaha, dalam periode berjalan.   Unsur-unsur laporan laporan laba rugi biasanya terdiri dari: Pendapatan dari penjualan Dikurangi Beban pokok penjualan Laba/rugi kotor Dikurangi Beban usaha Laba/rugi usaha Ditambah atau dikurangi Penghaslan/beban lain Laba/rugi sebelum pajak Dikurangi Beban pajak Laba/rugi bersih Penyusunan Laporan Laba Rugi Perusahaan   Berikut langkah penyusunan laporan laba rugi perusahaan: 1. Tentunya buat terlebih dahulu jurnal transaksi. Jika berka